Pengertian dan Jenis-Jenis Komunikasi Data

Pengertian dan Jenis-Jenis Komunikasi Data

 


Pengertian Komunikasi Data dan Pentingnya Komunikasi Data
Pada kesempatan kali ini yang menjadi pembahasan adalah tentang apa itu komunikasi data komputer, tujuan komunikasi data, jenis-jenis komunikasi data, dan contoh komunikasi data. Bagi sobat microcyber2.com yang menekuni bidang IT khususnya jaringan hal ini wajib untuk diketahui sebagai bekal dasar dalam materi yang sobat tekuni tersebut. Okelah langsung saja untuk memulai pembahasan tentang Komunikasi data tersebut!

Pengertian Komunikasi Data

Komunikasi data, merupakan bentuk komunikasi yang secara khusus berkaitan dengan transmisi atau pemindahan data antara komputer-komputer, atau komputer dengan piranti-piranti yang lain dalam bentuk data digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Biasanya komunikasi data dapat diartikan juga sebagai proses pengiriman data atau informasi dari suatu sumber (source) ke tujuan (destination).
Pengertian dan jenis-jenis komunikasi data
Selain itu komunikasi data juga bermacam-macam sob, dan memiliki dua jenis saja pada saat ini. Dibawah merupakan jenis-jenis komunikasi data.

Jenis-jenis Komunikasi Data

1. Jenis Komuniksai Data Melalui Infrastuktur Terestrial
Jenis komunikasi data ini dapat dilakukan menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya sehingga membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastuktur jenis ini.
2. Jenis Komunikasi Melalui Satelit
Jenis komunikasi data ini dapat dilakukan dengan menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicangkup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial, namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi.
Komunikasi data juga memiliki beberapa komponen, dibawah ini merupakan contoh dari komponen komunikasi data.

Komponen Komunikasi Data

1. Pengirim : piranti yang mengirimkan data.
2. Penerima : piranti yang menerima data.
3. Pesan/Data : informasi yang akan dipindahkan bisa berupa apa saja, teks, angka, gambar, suara, video, atau kombinasi dari semuanya.
4. Media Pengiriman : media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data, bisa berupa kabel, cahaya maupun gelombang magnetik.
5. Protokol : aturan-aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih alat untuk dapat saling berkomunikasi.

Sistem Komunikasi Data

6. Titik ke titik (point to point communications).
Informasi dari sumber hanya ditujukan kepada satu point penerima saja. Contoh : telepon, fax, telegram.
7. Titik ke beberapa penerima (multi communications).
Informasi dari sumber ditujukan kepada beberapa point penerima saja. Contoh : jaringan dengan switch.
8. Menyebar (broadcasting communications).
Informasi yang diberika sumber dapat diterima oleh semua point yang terhubung tanpa terkecuali. Contoh : televisi broadcast, radio broadcast.

Kemudian untuk Transmisi Data (Mode Transmisi) sebagai berikut :

1. Simplex : Media komunikasi antara pengirim dan penerima yang bersifat satu arah, dimana sisi pengirim hanya berfungsi sebagai pengirim informasi, sedangkan sisi penerima berfungsi sebagai penerima. Mode ini juga sering disebut one way only.
2. Half Duplex (HDX) : Suatu metode komunikasi yang dapat dilakukan dua arah secara bergantian (waktu tidak sama). Dimana si pengirim dapat mengirimkan informasi dan sisi yang lain berfungsi sebagai penerima sehingga mode ini sering disebut sebagai saluran two way alternate. Adapun contohnya dapat dilihat dari pemahaian Handy-Talky.
3. Full Duplex (FDX) : Suatu metode yang digunakan pada komunikasi untuk dua arah secara terus-menerus. Dimana sisi pengirim dan penerima dapat berkomunikasi dua arah dalam waktu yang bersamaan. Adapun contohnya dapat dilihat dari pemakaian HP.
Jadi, Definisi Komunikasi Data yaitu :
Komunikasi data adalah pertukaran data antara dua perangkat melalui beberapa bentuk media transmisi seperti kabel kawat.
Nah, itulah penjelasan yang lengkap tentang apa itu komunikasi data. Semoga artikel komunikasi data ini bermanfaat untuk sobat semua khususnya untuk yang sedang meneuni bidang komputer dan jaringan. Terimakasih~
Kisah seorang pengemis yang menjadi miliarder dalam 1 bulan
Kisah seorang pengemis yang menjadi miliarder dalam 1 bulan
Cara sederhana yang mendatangkan Rp 900 juta per bulan
Cara sederhana yang mendatangkan Rp 900 juta per bulan
Sebulan lalu dia tidak punya apa-apa, Sekarang dia orang Terkaya di Surabaya
Sebulan lalu dia tidak punya apa-apa, Sekarang dia orang Terkaya di Surabaya
Miliarder Indonesia mengekspos cara dia mendapatkan 10 juta per hari
Miliarder Indonesia mengekspos cara dia mendapatkan 10 juta per hari

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 BLOK IP

APA SIH KOMUNIKASI DATA