APA SIH KOMUNIKASI DATA

APA SIH KOMUNIKASI DATA


Komunikasi Data

Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka – angka, huruf, simbol – simbol, atau gabungan dari ketiganya atau sekumpulan file atau informasi dengan tipe tertentu, baik suara, gambar atau lainnya. Data masih perlu di olah untuk menghasilkan sebuah informasi. Secara umum informasi dapat didefinisikan  sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadiankejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
Sumber dari informasi adalah data. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu.  Di dalam dunia bisnis, kejadian-kejadian yang sering terjadi adalah transaksi perubahan dari suatu nilai yang disebut transaksi. Kesatuan nyata adalah berupa suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi.
Data merupakan bentuk yang masih mentah, belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data diolah melalui suatu metode untuk menghasilkan informasi. Data dapat berbentuk simbol-simbol semacam huruf, angka, bentuk suara, sinyak, gambar, dsb.
Komunikasi data merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi di antara komputer komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital. Komunikasi data merupakan bagian vital dari suatu masyarakat informasi karena sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.
Komponen Komunikasi Data :
     Pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data
     Penerima, adalah piranti yang menerima data
     Data, adalah informasi yang akan dipindahkan
     Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data
     Protokol, adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Jenis-Jenis Komunikasi Data

5 BLOK IP