5 BLOK IP

5 BLOK IP


Didirikan         18 April 1997
Fokus  Alokasi dan pendaftaran ruang alamat IP
Lokasi Chantilly, Virginia , Amerika Serikat
Daerah yang dilayani : Kanada, Karibia, Amerika Serikat
Situs web : www.arin.net
Contoh ip ARIN
a. pengertian arin
The American Registry for Internet Numbers ( ARIN ) adalah Regional Internet Registry (RIR) untuk Kanada , Amerika Serikat , dan banyak pulau Karibia dan Atlantik Utara . ARIN mengelola distribusi sumber daya nomor Internet, termasuk ruang alamat IPv4 dan IPv6 dan nomor AS . ARIN membuka pintunya untuk bisnis pada tanggal 22 Desember 1997 [1] setelah bergabung pada tanggal 18 April 1997. ARIN adalah perusahaan nirlaba yang bermarkas di Chantilly, Virginia, AS . [3] [4]
ARIN adalah satu dari lima Regional Internet Registries (RIR) di dunia. Seperti RIR lainnya, ARIN:
Menyediakan layanan yang berkaitan dengan koordinasi teknis dan pengelolaan sumber daya nomor internet
Memfasilitasi pengembangan kebijakan oleh anggotanya dan pemangku kepentingan
Berpartisipasi dalam komunitas internet internasional
Adalah sebuah organisasi nirlaba yang berbasis komunitas
Apakah diperintah oleh dewan eksekutif yang dipilih oleh anggotanya
ARIN menyediakan layanan yang berkaitan dengan koordinasi teknis dan pengelolaan sumber daya nomor Internet. Sifat dari layanan ini dijelaskan dalam pernyataan misi ARIN:
Dengan menerapkan prinsip-prinsip penatalayanan, ARIN, sebuah perusahaan nirlaba, mengalokasikan sumber-sumber Internet Protocol; mengembangkan kebijakan berbasis konsensus; dan memfasilitasi kemajuan internet melalui informasi dan jangkauan pendidikan.
Layanan ini dikelompokkan dalam tiga bidang: Pendaftaran, Organisasi, dan Pengembangan Kebijakan.
Layanan organisasi
Layanan organisasi berkaitan dengan interaksi antara pemangku kepentingan, anggota ARIN, dan ARIN. Layanan meliputi:
·         Pemilihan
·         Rapat anggota
·         Publikasi dan diseminasi informasi
·         Pendidikan dan Pelatihan
·         Jasa pengembangan kebijakan
Layanan pengembangan kebijakan memfasilitasi pengembangan kebijakan untuk koordinasi teknis dan pengelolaan sumber daya nomor Internet.
Semua kebijakan ARIN ditetapkan oleh masyarakat. Setiap orang didorong untuk berpartisipasi dalam proses pengembangan kebijakan pada pertemuan kebijakan publik dan pada Mailing List Kebijakan Publik. Dewan Pengawas ARIN hanya meratifikasi kebijakan setelah:
diskusi di milis dan rapat;
Rekomendasi Dewan Pertimbangan ARIN;
konsensus masyarakat yang mendukung kebijakan tersebut; dan
tinjauan hukum dan fiskal penuh.
Komunitas mengembangkan kebijakan dengan mengikuti Proses Pengembangan Kebijakan formal seperti yang dijelaskan di https://www.arin.net/policy/pdp.html . Panduan Kebijakan Sumber Daya Nomor, seperangkat kebijakan terkini ARIN, tersedia di https://www.arin.net/policy/nrpm.html .
Keanggotaan tidak diharuskan untuk berpartisipasi dalam proses pengembangan kebijakan ARIN atau mengajukan permohonan untuk sumber daya nomor Internet.
Layanan meliputi:
Mempertahankan daftar diskusi e-mail
Melaksanakan rapat kebijakan publik
Penerbitan dokumen kebijakan
b. Struktur organisasi
ARIN terdiri dari komunitas Internet di wilayahnya, anggotanya, Dewan Pengawas 7 anggota, 15 anggota Dewan Pertimbangan, dan seorang staf profesional sekitar 50. Dewan Pengawas dan Dewan Penasihat dipilih oleh anggota ARIN selama tiga istilah tahun.
Dewan pengawas
Keanggotaan ARIN memilih Dewan Pembina (BoT), yang memiliki tanggung jawab utama untuk urusan bisnis dan kesehatan keuangan ARIN, dan mengelola operasi ARIN dengan cara yang sesuai dengan panduan yang diterima dari Dewan Penasehat dan tujuan yang ditetapkan oleh anggota registri . BoT bertanggung jawab untuk menentukan disposisi semua pendapatan yang diterima untuk memastikan semua layanan diberikan secara adil. BoT meratifikasi proposal yang dihasilkan dari keanggotaan dan diajukan melalui Dewan Penasehat. Keputusan eksekutif dilakukan setelah mendapat persetujuan dari BoT. BoT terdiri dari 7 anggota yang terdiri dari seorang Presiden dan CEO, seorang Ketua, Bendahara, dan lain-lain. [5]
Dewan penasehat
Selain BoT, ARIN memiliki dewan penasehat yang menyarankan ARIN dan BoT mengenai kebijakan alokasi alamat IP dan hal-hal terkait lainnya. Mengikuti prosedur dalam Proses Evaluasi Kebijakan Sumber Daya Internet, dewan penasehat meneruskan usulan kebijakan berbasis konsensus kepada BoT untuk diratifikasi. Dewan penasihat terdiri dari 15 anggota terpilih yang terdiri dari seorang Ketua, Wakil Ketua, dan lain-lain. [6]
c. Sejarah
Organisasi ini dibentuk pada bulan Desember 1997 untuk "menyediakan layanan pendaftaran IP sebagai perusahaan nirlaba independen." Sampai saat ini, pendaftaran alamat IP (di luar daerah RIPE dan APNIC ) dilakukan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh IETF [7] oleh perusahaan Network Solutions sebagai bagian dari proyek InterNIC . National Science Foundation menyetujui rencana pembentukan organisasi nirlaba untuk "memberi pengguna nomor IP (kebanyakan penyedia layanan Internet, perusahaan dan institusi besar lainnya) sebuah suara dalam kebijakan dimana mereka dikelola dan dialokasikan di wilayah Amerika Utara. " . [8] [9] Sebagai bagian dari transisi, perusahaan Solusi Jaringan mengalihkan tugas ini serta staf awal dan infrastruktur komputer ke ARIN. [10]
Dewan Pengawas awal terdiri dari Scott Bradner , John Curran , Kim Hubbard, Don Telage, Randy Bush, Raymundo Vega Aguilar, dan Jon Postel (IANA) sebagai anggota ex-officio. Presiden pertama ARIN adalah Kim Hubbard, dari tahun 1997 sampai 2000. Kim digantikan oleh Raymond "Ray" Plzak sampai akhir tahun 2008. Wali amanat John Curran bertindak sebagai Presiden sampai 1 Juli 2009 saat dia memegang peran CEO secara permanen. Sampai akhir 2002 ia melayani Meksiko , Amerika Tengah , Amerika Selatan dan seluruh Karibia . LACNIC sekarang menangani bagian-bagian dari Karibia, Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Juga, Afrika Sub-Sahara adalah bagian dari wilayahnya sampai April 2005, ketika AfriNIC secara resmi diakui oleh ICANN sebagai Regional Internet Registry kelima.
Pada tanggal 24 September 2015 ARIN telah menyatakan kelelahan kolam alamat ARIN IPv4. [12]
d. Service Region
Negara-negara di wilayah layanan ARIN adalah:
1.      Anguilla (Inggris)
2.      Antartika
3.      Antigua dan Barbuda
4.      Barbados
5.      Bermuda (Inggris)
6.      Pulau Bouvet (Norwegia)
7.      Kepulauan Virgin Inggris (Inggris)
8.      Kanada
9.      Kepulauan Cayman (Inggris)
10.  Kolektivitas Santo Martin (Prancis)
11.  Dominika
12.  Grenada
13.  Guadeloupe (Prancis)
14.  Pulau Heard dan Kepulauan McDonald (Australia)
15.  Jamaika
16.  Martinique (Prancis)
17.  Montserrat (Inggris)
18.  Puerto Riko (AS)
19.  Saint Barthélemy (Prancis)
20.  Saint Helena, Ascension dan Tristan da Cunha (Inggris)
21.  Saint Kitts dan Nevis
22.  Saint Lucia
23.  Saint Pierre dan Miquelon (Prancis)
24.  Saint Vincent dan Grenadines
25.  Bahama
26.  Kepulauan Turks dan Caicos (Inggris)
27.  Amerika Serikat
28.  Kepulauan Terluar Minor Amerika Serikat (AS)
29.  Kepulauan Virgin Amerika Serikat (AS)
Mantan wilayah layanan
ARIN sebelumnya meliput Angola , Botswana , Burundi , Republik Kongo , Republik Demokratik Kongo , Malawi , Mozambik , Namibia , Rwanda , Afrika Selatan , Swaziland , Tanzania , Zambia , dan Zimbabwe sampai AfriNIC dibentuk.
ARIN sebelumnya meliputi Argentina , Aruba , Belize , Bolivia , Brasil , Cile , Kolombia , Kosta Rika , Kuba , Republik Dominika , Hindia Belanda , Ekuador , El Salvador , Kepulauan Falkland (Inggris), Guyana Prancis , Guatemala , Guyana , Haiti , Honduras , Meksiko , Nikaragua , Panama , Paraguay , Peru , Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan , Suriname , Trinidad dan Tobago , Uruguay , dan Venezuela sampai terbentuknya LACNIC


2. African Network Information Centre (AFRINIC)
a. pengertian afrinic
registrasi Internet regional (RIR) Afrika . Kantor pusatnya ada di Ebene City , Mauritius. AFRINIC adalah anggota Number Resources Organization dan beroperasi sebagai organisasi berbasis anggota non-pemerintah dan bukan nirlaba. Sebelum AFRINIC terbentuk, alamat IP untuk Afrika didistribusikan oleh Pusat Informasi Jaringan Asia Pasifik (APNIC), American Registry for Internet Numbers (ARIN), dan RIPE NCC. ICANN secara sementara mengakui AFRINIC pada tanggal 11 Oktober 2004. Registri tersebut mulai beroperasi pada tanggal 22 Februari 2005. ICANN memberikannya pengakuan akhir pada bulan April 2005.
alamat IP untuk Afrika
AfriNIC telah dialokasikan alamat IPv4 blok 41.0.0.0 / 8, 196.0.0.0 / 8 dan 197.0.0.0 / 8 dan IPv6 blok 2c00:: / 12 dan 2001:4200:: / 23. Adiel AKPLOGAN, sebuah Togo Nasional, adalah CEO registri.
b. Sejarah
Mengikuti sebuah proposal untuk menyiapkan registri Internet untuk Afrika oleh beberapa pengadopsi Internet awal di Afrika, selama lokakarya INET di Malaysia (1997), sebuah komite pengarah dibentuk untuk mengerjakan struktur dan rencana bisnis AFRINIC.
Gagasan di balik inisiatif tersebut adalah untuk menyesuaikan kebijakan alokasi yang diterapkan oleh RIR yang sudah mapan (RIPE NCC dan APNIC) ke realitas Afrika. Pada tahun 2000 proposal ini menghasilkan konsensus dengan penyiapan AfNOG (grup Operator Jaringan Afrika).
Selain itu pada tahun yang sama, pengamat AFRINIC pertama ditunjuk menjadi Address Supporting Organization Address Council (ASO AC). Pada tahun 2001, komite pengarah merekomendasikan pengangkatan Dewan Pengawas awal berdasarkan perwakilan sub-regional. Dr Nii Quaynor memimpin Dewan AFRINIK pertama dengan misi untuk memformalkan organisasi dan bekerja menuju akreditasi sebagai Regional Internet Registry (RIR).
Pada tahun 2004, setelah memilih negara tuan rumah yang potensial, AFRINIC didirikan di Mauritius. Diputuskan bahwa Dewan akan terdiri dari perwakilan terpilih dari enam sub-wilayah yang diidentifikasi di Afrika (Utara, Barat, Tengah, Timur, Samudera Hindia dan Selatan).
Pada bulan April 2005, ICANN mengakreditasi AFRINIC sebagai Regional Internet Registry kelima sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam dokumen ICP-2 (kriteria pembentukan pendaftar Internet regional). Sejak saat itu, AFRINIC terus berkembang dari awal yang sederhana hingga menjadi anggota lebih dari 1.500 di 56 negara di seluruh wilayah dan staf sekitar 40 anggota staf yang berada di kantor pusat di Ebène, Mauritius.
3. APNIC (Asia-Pacific Network Information Centre)

a. pengertian apnic
adalah Regional Internet address Registry ( RIR ) untuk kawasan Asia Pasifik . Ini adalah salah satu dari lima RIR di dunia dan merupakan bagian dari Number Resource Organization. APNIC menyediakan nomor [[[Sistem Otonomi (Internet) | nomor alokasi sumber daya dan layanan registrasi]] yang mendukung operasi global Internet. Ini adalah organisasi berbasis keanggotaan tanpa nirlaba, yang anggotanya termasuk Penyedia Layanan Internet, penyedia telekomunikasi, pusat data, universitas, bank, National Internet Registries, dan organisasi sejenis yang memiliki jaringan mereka sendiri.

Contoh ip apnic
b. Fungsi utama APNIC adalah:
Mengalokasikan ruang alamat IPv4 dan IPv6 , dan Nomor Sistem Otonom
Mempertahankan database APNIC Whois untuk kawasan Asia Pasifik,
Delegasi DNS balik
Pelatihan keterampilan teknis

Mewakili kepentingan komunitas Internet Asia Pasifik di panggung global
APNIC mengelola sumber daya nomor Internet sesuai kebijakan yang dikembangkan melalui proses konsultasi dan konsensus terbuka yang disebut Policy Development Process (PDP).
c. Sejarah
APNIC didirikan pada tahun 1992, oleh Komite Koordinasi Asia Pasifik untuk Intercontinental Research Networks (APCCIRN) dan Asia Pacific Engineering and Planning Group (APEPG). Kedua kelompok ini kemudian digabungkan dan berganti nama menjadi Asia Pacific Networking Group (APNG). Ini didirikan sebagai proyek percontohan untuk mengelola ruang alamat sebagaimana didefinisikan oleh RFC-1366 , dan juga mencakup brief yang lebih luas: "Untuk memfasilitasi komunikasi, bisnis, dan budaya menggunakan teknologi Internet".
Pada tahun 1993, APNG menemukan bahwa mereka tidak dapat menyediakan payung formal atau struktur hukum untuk APNIC, sehingga proyek percontohan disimpulkan, namun APNIC terus ada secara independen di bawah kewenangan IANA sebagai 'proyek sementara'. Pada tahap ini, APNIC masih kekurangan hak hukum, keanggotaan, dan struktur biaya.
Pada tahun 1995, pertemuan perdana APNIC diadakan di Bangkok . Ini adalah pertemuan dua hari, dijalankan oleh sukarelawan, dan bebas untuk hadir. Sumbangan sukarela dicari sesuai ukuran organisasi, mulai dari US $ 1.500 untuk 'kecil', hingga US $ 10.000 untuk 'besar'. Tiga tipe anggota didefinisikan oleh APNIC-001: ISP (IR lokal), Enterprise, dan National.
1996 melihat struktur biaya yang tepat diperkenalkan, pembentukan keanggotaan, dan penyelenggaraan pertemuan APRICOT pertama. Pada saat 1997 bergulir, semakin jelas bahwa lingkungan lokal APNIC di Jepang membatasi pertumbuhannya - misalnya, staf dibatasi hingga 4-5 anggota. Oleh karena itu, firma konsultan KPMG dikontrak untuk menemukan lokasi yang ideal di kawasan Asia Pasifik untuk kantor pusat APNIC yang baru.Untuk alasan seperti infrastruktur yang stabil, biaya hidup dan operasi yang rendah, dan keuntungan pajak untuk organisasi keanggotaan, Brisbane, Australia dipilih sebagai lokasi baru, dan relokasi selesai antara bulan April dan Agustus 1998, sambil tetap melakukan operasi terus menerus di seluruh Indonesia.
Pada tahun 1999, relokasi selesai, krisis ekonomi Asia berakhir, dan dengan demikian memulai periode konsolidasi untuk APNIC - periode pertumbuhan, pengembangan kebijakan, dan pembuatan dokumentasi dan sistem internal yang berkesinambungan. Sejak saat itu, APNIC terus berkembang dari awal yang sederhana hingga menjadi anggota lebih dari 6.000 di 56 negara di seluruh wilayah dan sekretariat sekitar 80 anggota staf yang berada di kantor pusat di Brisbane, Australia.
4. LACNIC (Latin America and Caribbean Network Information Centre)
            a. pengertian lacnic
Pusat Informasi Amerika Latin dan Karibia ( LACNIC , Spanyol: Registro de Direcciones de Internet para América Latina y Caribe , bahasa Portugis: Registro de Endereçamento da Internet para América Latina e Caribe ) adalah Regional Internet Registry untuk Amerika Latin dan Daerah Karibia
LACNIC menyediakan layanan alokasi sumber daya dan registrasi yang mendukung operasi global Internet. Ini adalah organisasi berbasis keanggotaan nirlaba yang anggotanya termasuk Penyedia Layanan Internet, dan organisasi serupa.
blok alamat IPv4 177.0.0.0/8, 179.0.0.0/8, 181.0.0.0/8, 186.0.0.0/8, 187.0.0.0/8, 189.0.0.0/8, 190.0.0.0/8, 191.0.0.0/8, 200.0.0.0/8, dan 201.0.0.0/8 dan blok IPv6 2001: 1200 :: / 23 dan 2800: 0000 :: / 12. [3] [4]
Pada tanggal 10 Juni 2014, LACNIC mengumumkan bahwa alamat IPv4 pool dapat dianggap habis di wilayah layanannya, single / 10 blok tetap untuk didistribusikan. [5]
b. Fungsi
Fungsi utama LACNIC adalah:
·         Mengalokasikan ruang alamat IPv4 dan IPv6 , dan Nomor Sistem Otonom
·         Mempertahankan Database Whois publik untuk wilayah Amerika Latin dan Karibia
·         Delegasi DNS balik
·         Mewakili kepentingan komunitas Internet Amerika Latin dan Karibia di panggung global
c. Sejarah 
Sejak tahun 1993, organisasi akademis di Amerika Latin seperti ENRED - Foro de Redes de América Latina y el Caribe, mendiskusikan kebutuhan sebuah daftar untuk Amerika Latin. Pada tahun 1998 dalam pertemuan ENRED di Panamá termasuk NIC-MX, tema ini telah dibahas dan mereka mengetahui bahwa kelompok lain dibentuk oleh organisasi komersial seperti CABASE - Cámara Argentina di Base de Datos y Servicio en Línea dan e-COMLAC (Federasi Amerika Latin dan Karibia untuk Internet dan Perdagangan Elektronik), juga mendiskusikan gagasan tentang pendaftaran Amerika Latin.
Pada tanggal 30 Januari 1998, Ira Magaziner , yang merupakan penasihat senior Presiden Clinton untuk pengembangan kebijakan, merilis sebuah makalah diskusi, yang dikenal sebagai "kertas hijau" setelah insiden otoritas root DNS . Versi revisi yang dikenal sebagai "kertas putih" dirilis pada tanggal 5 Juni. [6] Makalah ini mengusulkan sebuah organisasi baru untuk menangani sumber daya internet (yang kemudian menjadi ICANN). Setelah rilis ini, sejumlah kelompok menyelenggarakan konferensi untuk membahas proposalnya dan memberikan saran, di antaranya, IFWP atau Forum Internasional untuk White Paper.
IFWP menyelenggarakan empat pertemuan, yang terakhir di Buenos Aires, di mana beberapa orang Amerika Selatan membedakan orang dan organisasi yang berpartisipasi dan saling mengenal. Di antaranya Oscar Messano, Anthony Harris dan Edmundo Valente dari CABASE , Fabio Marinho, anggota Komite Pengarah Internet Brasil (CGI.br) dan Presiden ASSESPRO - Associação Brasileira de Empresas de Software Serviços de Informática e Internet, Raimundo Beca - AHCIET - Asosiasi Hispanoamericana de Centros de Investigacion y Empresas de Telecomunicaciones, Brasil, NIC México - Oscar Robles dan German Valdez, y Julian Dunayevich, Raul Echeverria, ENRED.
Organisasi-organisasi yang bergabung dengan eCOMLAC - Federación Latino Americana y Caribeña para Internet y el Comercio Electrônico, berpendapat bahwa alamat IP Amerika Latin dapat ditangani oleh entitas lokal dan mencapai kesepakatan untuk pembuatannya. Orang lain berpartisipasi dalam diskusi awal ini, di antara Eliezer Cadenas (ENRED), Fidel Vienegas (AHCIET), Raphael Mandarino (CGI.br).
Akhirnya, kesepakatan untuk pembuatan LACNIC (Amerika Latin dan Karibia Alamat IP Regional Registry), telah ditandatangani di Santiago de Chile pada tanggal 22 Agustus 1999 selama pertemuan ICANN kedua.
Dewan Interim didefinisikan dengan enam anggota:
·         AHCIET - Raimundo Beca;
·         CABASE - Jorge Plano, yang kemudian diganti oleh Oscar Messano;
·         CGI.br - José Luis Ribeiro;
·         ENRED - Julian Dunayerich; kemudian digantikan oleh Raul Echeverria;
·         NIC.mx - German Valdez;
·         ECOMLAC - Fabio Marinho;
Langkah selanjutnya, Dewan Interim LACNIC ini mengajukan pada tanggal 26 Agustus 1999, kesepakatan ini kepada Esther Dyson, yang kemudian Ketua ICANN Interim Board untuk persetujuan ICANN.
Rencana Bisnis organisasi baru ini dikembangkan dan dipresentasikan kepada ARIN , organisasi yang bertanggung jawab atas wilayah ini pada saat itu. Anggaran dasar dibuat dan diputuskan bahwa markas besar LACNIC berada di Montevideo, dengan orang-orang teknis dan peralatan di São Paulo, di lokasi NIC.br.
LACNIC, yang sesuai sepenuhnya dengan kriteria [7] untuk Pendaftaran Internet Regional baru seperti yang ditetapkan oleh komunitas Registry Internet dan ICANN, secara resmi diakui oleh ICANN selama pertemuannya di Shanghai pada tahun 2002. [8]
LACNIC didirikan pada tahun 2001, dengan kantor administrasi di Montevideo , Uruguay dan fasilitas teknis yang disediakan oleh CGI.br [9] dari São Paulo .
Negara - LACNIC wilayah
·         Argentina
·         Aruba
·         Barbados
·         Belize
·         Bolivia
·         Brazil
·         Chili
·         Kolumbia
·         Kosta Rika
·         Kuba
·         Curaçao
·         Republik Dominika
·         Ekuador
·         El Salvador
·         Kepulauan Falkland (Inggris)
·         Guyana Perancis (Prancis)
·         Guatemala
·         Guyana
·         Haiti
·         Honduras
·         Meksiko
·         Belanda
·         Nikaragua
·         Panama
·         Paraguay
·         Peru
·         Sint Maarten
·         Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan (Inggris)
·         Suriname
·         Trinidad dan Tobago
·         Uruguay
·         Venezuela


5. Réseaux IP Européens Network Coordination Center (RIPE NCC)


Didirikan : April 1992
Fokus  Alokasi dan pendaftaran ruang alamat IP
Lokasi Amsterdam

Situs web : www .ripe .net
Peta wilayah layanan Regional Internet Registries

Contoh ip ripe cc
a. pengertian ripe ncc
Réseaux IP Européens Network Coordination Centre ( RIPE NCC ) adalah Regional Internet Registry (RIR) untuk Eropa , Timur Tengah dan sebagian Asia Tengah . Berkantor pusat di Amsterdam . [1]
RIR mengawasi alokasi dan pendaftaran sumber daya nomor Internet (alamat IPv4 , alamat IPv6 dan nomor sistem otonom ) di wilayah tertentu.
RIPE NCC mendukung koordinasi teknis dan administratif infrastruktur Internet. Ini adalah organisasi keanggotaan nirlaba dengan lebih dari 10.000 (pada bulan Maret 2014 [2] ) anggota yang berada di lebih dari 76 negara di wilayah layanannya .Setiap individu atau organisasi bisa menjadi anggota RIPE NCC. Keanggotaannya terutama terdiri dari penyedia layanan Internet (ISP), organisasi telekomunikasi , institusi pendidikan , pemerintah , badan pengatur , dan perusahaan besar.
RIPE NCC juga memberikan dukungan teknis dan administratif kepada Réseaux IP Européens (RIPE), sebuah forum yang terbuka untuk semua pihak yang berkepentingan dengan pengembangan teknis Internet.
b. Sejarah
RIPE NCC memulai operasinya pada bulan April 1992 di Amsterdam, Belanda. Dana awal diberikan oleh jaringan akademis Réseaux Associés pour la Recherche Européenne (RARE) anggota, EARN dan EUnet . RIPE NCC secara resmi didirikan ketika versi Anggaran Dasar Belanda diendapkan di Kamar Dagang Amsterdam pada tanggal 12 November 1997. Rencana Kegiatan RIPE NCC yang pertama diterbitkan pada bulan Mei 1991.
Aktivitas
RIPE NCC mendukung pengembangan Internet melalui koordinasi teknis infrastruktur Internet di wilayah layanannya dan sekitarnya. Ia melakukan banyak kegiatan di bidang ini, termasuk:
Alokasi dan pendaftaran sumber daya nomor Internet ( alamat IP dan nomor sistem otonom ) [4] [5] [6] [7] [8] [9]
Alokasi alamat IP penting karena beberapa alasan. Alamat publik harus unik; Jika duplikat alamat internet ada di jaringan, lalu lintas jaringan bisa dikirim ke host yang salah. RIR memastikan bahwa alamat publik diberikan ke satu organisasi. RIPE NCC melakukan ini untuk wilayah layanannya sendiri. Di seluruh dunia, IANA memberikan blok alamat ke RIR dan mereka mendistribusikannya ke pengguna akhir melalui LIR (biasanya ISP ). Selain memastikan bahwa alamat IP dan AS Numbers hanya dialokasikan ke satu pengguna, kekurangan alamat IPv4 menjadikan penting bahwa alamat yang tersisa dialokasikan secara terorganisir. Selama bertahun-tahun, RIPE NCC telah mengikuti panduan ketat tentang cara menetapkan alamat IPv4 sesuai kebijakan yang dikembangkan oleh Komunitas RIPE, seperti yang dijelaskan dalam RIPE Document matang-498. [6] Sebagai blok terakhir / 8 telah ditugaskan dari IANA ke semua RIR, RIPE NCC hanya akan memiliki alamat IPv4 baru yang tersedia untuk alokasi untuk jangka waktu tertentu [10]
Pengembangan, pengoperasian dan pemeliharaan Database RIPE [11]
Pengembangan, pengoperasian dan pemeliharaan RIPE Routing Registry
Pengoperasian K-root, salah satu server nama root di dunia [12]
Dukungan koordinasi untuk delegasi ENUM
Koleksi dan publikasi statistik netral mengenai pengembangan dan kinerja Internet, dicatat melalui jaringan pengukuran global RIPE Atlas dan RIPEstat , sebuah antarmuka berbasis web yang menyediakan informasi tentang ruang alamat IP, Autonomous System Bumbers, dan informasi terkait untuk nama host dan negara.
c. Anggota RIPE NCC terdiri dari:
Anggota
Anggota dapat secara langsung mempengaruhi aktivitas dan layanan RIPE NCC. Anggota bertanggung jawab untuk mencalonkan dan memilih kandidat ke Dewan Eksekutif RIPE NCC dan untuk menerima Skema Pengisian RIPE NCC dan menyetujui Laporan Keuangan RIPE NCC setiap tahunnya. Anggota juga memberi masukan kepada, dan umpan balik atas, aktivitas yang dilakukan dan layanan yang diberikan oleh RIPE NCC.
Dewan Eksekutif
Anggota NCC RIPE mencalonkan dan memilih Dewan Eksekutif. Dewan terdiri dari antara tiga sampai tujuh anggota dan bertanggung jawab untuk menunjuk Managing Director RIPE NCC, untuk situasi keuangan RIPE NCC secara keseluruhan dan untuk menyimpan catatan yang memungkinkan situasi keuangan organisasi dievaluasi setiap saat.
Staf NCIP RIPE
Anggota staf melakukan kegiatan RIPE NCC, memberikan layanan kepada anggotanya dan memberikan dukungan administratif kepada RIPE .
The RIPE NCC dan RIPE
Réseaux IP Européens adalah forum yang terbuka untuk semua pihak yang berkepentingan dengan perkembangan teknis internet. Meski mirip namanya, RIPE dan RIPE NCC adalah entitas yang terpisah. Namun, mereka sangat saling tergantung. RIPE NCC memberikan dukungan administratif kepada RIPE, seperti fasilitasi RIPE Meetings dan memberikan dukungan administratif kepada RIPE Working Groups .
Wilayah layanan
Wilayah layanan RIPE NCC terdiri dari negara-negara di Eropa, Timur Tengah dan sebagian Asia Tengah. Layanan RIPE NCC tersedia bagi pengguna di luar wilayah ini melalui Local Internet Registries; entitas ini harus memiliki alamat hukum yang sah di dalam wilayah layanan namun dapat menawarkan layanan mereka kepada siapapun

Komentar

  1. Lucky 8 Casino, Larchac, CA - Mapyro
    Get directions, reviews and information 남양주 출장안마 for Lucky 8 Casino in Larchac, CA. 정읍 출장마사지 Larchac offers free spins and 군산 출장마사지 other 문경 출장샵 special offers 전라남도 출장마사지 and offers.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Jenis-Jenis Komunikasi Data

APA SIH KOMUNIKASI DATA